SKRIPSI
PENGARUH HUTANG JANGKA PENDEK, HUTANG JANGKA PANJANG DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PROFITABILITAS PT. GARUDA INDONESIA TAHUN 2007-2015
ABSTRAKrnPT. Garuda Indonesia Tbk dengan kode GIAA merupakan perusahaan transportasi udara di Indonesia. Selama periode akuntansi dari tahun 2007 sampai 2015, perusahaan menujukan hasil laporan yang baik, kecuali pada tahun 2014 perusahaan mengalami kerugian besar dan dalam waktu singkat yakni pada 2015 perusahaan menghasilkan laba diatas target perusahaan itu sendiri dan hal tersebut dinilai tidak wajar. Variabel yang digunakan adalah hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang dan diperoleh dari annual report, kualitas pelayanan dan profitabilitas diukur menggunakan return on asset. Sampel dengan metode purposive sampling dan insidental sampling untuk data primer dengan menyebar dan mendapatkan kembali 28 kuesioner untuk tahun 2015 dengan mempertimbangkan teori daya ingat dan judgement sampling untuk data sekunder pada tahun 2007-2015, tahun 2007-2010 dengan data akhir tahun dan 2011-2015 dengan data triwulan I-IV dari www.idx.co.id sehingga mendapatkan jumlah 24 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk data sekunder dengan variabel hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang serta untuk data primer sebagai pendukung dengan variabel kualitas pelayanan dengan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hutang jangka pendek berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perusahaan, sedangkan hutang jangka panjang tidak berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perusahaan serta hasil didukung dengan kualitas pelayanan dalam skala sangat baik, profitabilitas juga dalam keadaan positif yang menandakan dengan kualitas pelayanan yang lebih baik maka profitabilitas akan meningkat.rnrnrnKata Kunci : hutang jangka pendek, hutang jangka panjang dan profitabilitas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain