Analisis Impulse Buying Behavior dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening" (Studi Kasus Pelanggan Tokopedia Kota Semarang)
Dalam upaya mengurangi virus Covid-19, masyarakat diharuskan untuk tetap berada di rumah dalam melakukan aktivitasnya. Beraktivitas di rumah membuat masyarakat jenuh dan justru menimbulkan fenomena impulse buying atau pembelian secara tidak terencana. Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengetahui secara luas tentang pengaruh langsung dan tidak langsung variabel bebas dan variabel terikat melalui variabel mediasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 130 responden yang memiliki dan berpengalaman menggunakan aplikasi e-commerce Tokopedia. Pengujian statistic data penelitian menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa display toko, bonus pack, word of mouth, kualitas website tidak berpengaruh signifikan terhadap emosi positif. Motivasi belanja hedonis memiliki hubungan pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying dan pengaruh langsung terhadap emosi positif. Namun emosi positif dapat memediasi bonus pack, word of mouth, kualitas website, dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying.
Kata kunci: perdagangan elektronik, aspek pemasaran, pembelian impulsif.
PDF0988Sk | M22 FEB a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain