PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor otomotif dan sektor logam yang terdaftar di BEI periode 2015-2019 dengan menggunakan metode purposive sampling, terpilih 27 perusahaan yang termasuk dalam sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisi Partial Least Square (PLS) yang dibantu dengan software smartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengujian data menunjukkan bahwa leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Namun leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas mampu memediasi leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, nilai perusahaan, profitabilitas.
PDF0080Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain