PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Orientasi pasar merupakan sebuah strategi yang terdiri dari tiga komponen, yaitu orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi antarfungsi. Sistem akuntansi manajemen merupakan suatu sistem yang dapat menghasilkan informasi, baik berupa informasi keuangan maupun informasi nonkeuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dengan sistem akuntansi manajemen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada UMKM sub sektor perikanan di TPI Tasikagung II Kabupaten Rembang dengan sampel yang diambil adalah sejumlah 56 orang. Data yang telah didapat selanjutnya diolah menggunakan alat uji SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukkan hasil orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Orientasi pasar dan sistem akuntansi manajemen dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Sistem akuntansi manajemen berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja perusahaan melalui sistem akuntansi manajemen.
PDF0082Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain