SISTEM PENGUKURAN KINERJA STRATEGIS, KAPABILITAS PERUSAHAAN, DAN STRATEGI YANG BERFOKUS PADA PELANGGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengukuran kinerja strategis, kapabilitas perusahaan yang terdiri dari orientasi pasar, inovasi, dan pembelajaran organisasi, serta strategi yang berfokus pada pelanggan di Bank dan Perusahaan Finance kota Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah 135 Bank dan Perusahaan Finance yang berada di Kota Semarang dan manajer tingkat menengah sebagai sampel dalam penelitian. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan membagikan kuesioner melalui e-mail perusahaan. Penelitian ini menggunakan aplikasi smartPLS 3.0 untuk mengolah data. Hasil yang diperoleh dari pengujian data menunjukkan bahwa sistem pengukuran kinerja berpengaruh positif dan signifkan terhadap orientasi pasar, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi dan pembelajaran organisasi, orientasi pasar dan inovasi berpengaruh terhadap strategi yang berfokus pada pelanggan, dan pembelajaran organisasi tidak berpengaruh terhadap strategi yang berfokus pada pelanggan.
Kata kunci : sistem pengukuran kinerja strategis, strategi fokus pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain