ENCOURAGING FACTOR DAN DISCOURAGING FACTOR KECENDERUNGAN MELAKUKAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA PRODUK FASION
Abstrak
Adapun faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan teknik penjualan dalam suatu produk adalah encouraging factor atau faktor pendorong dalam pembelian masyarakat yang tidak terencana atau biasa dikenal sebagai pembelian impulsif. Tiap produsen produk fasion harus dapat menciptakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan penjualan khususnya pada produk fasion agar terciptanya penjualan yang maksimal pada produk penjualan tersebut. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui antara encouraging factor dan discouraging factor kecenderungan melakukan pembelian impulsif khususnya pada produk fasion. Adapun penelitian ini memiliki populasi sampel yaitu masyarakat milenial kota Semarang yang pernah melakukan pembelian produk fasion baik secra ofline maupun online dengan total sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling yang artinya sampel diambil berdasarkan kriteria tertentu. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji f. Adapun hasil dari uji tersebut didapati bahwa encouraging factor berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif masyarakat millenial kota Semarang dan discouraging factor berpengaruh tidak signifikan terhadap pembelian impulsif.
Kata kunci: encouraging factor, online vs ofline , pembelian impulsif
PDF0135Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain