PENGARUH MOTIVASI BONUS, MOTIVASI POLITIK, MOTIVASI KONTRAK HUTANG, MOTIVASI PAJAK, MOTIVASI PERGANTIAN CEO, DAN MOTIVASI INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA
Informasi laba sangat penting bagi investor, salah satunya untuk mengetahui prospek laba sehingga dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. Manajemen berusaha memperbaiki laba perusahaan sebaik mungkin dalam menaksir earning power perusahaan di masa yang akan datang agar terlihat baik di mata investor. Dalam memperbaiki laba perusahaan manajemen melakukan manjemen laba dengan menaikkan atau menurunkan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi bonus, motivasi politik, motivasi kontrak hutang, motivasi pajak, motivasi pergantian CEO, dan motivasi Initial Public Offering terhadap praktik Manajemen Laba. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 115 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi partial least square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa motivasi politik, motivasi kontrak hutang, motivasi pergantian CEO, dan motivasi IPO berpengaruh positif terhadap manajemen laba, sedangkan motivasi bonus dan motivasi pajak tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kontribusi penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa motivasi politik, motivasi kontrak hutang, motivasi pergantian CEO, dan motivasi Initial Public Offering mempengaruhi praktik Manajemen Laba.
RF2009000 | A20 SAF p | Tersedia | |
PDF0590Sk | A20 SAF p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain