FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Purbalingga yang Berkuliah di Kota Semarang)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-money terhadap perilaku konsumsi mahasiswa asal Purbalingga yang berkuliah di kota Semarang. Penggunaan e-money akan mempengaruhi sikap atau perilaku seseorang dalam menggunakan uangnya tersebut untuk membeli apa yang diperlukannya, hal ini dikarenakan adanya kemudahan dalam menggunakan uang non tunai tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa asal Purbalingga yang tersebar dari beberapa kampus di kota Semarang. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis effort expectancy dan variabel culture dalam menggunakan e-money tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, sedangkan pada variabel performance expectancy memiliki pengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa.
Kata kunci : effort expectancy, culture, performance expectancy.
PDF0132Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain