DETERMINAN FIRM VALUE DALAM KELOMPOK MARKET-BASED FIRM SIZE YANG BERBEDA
Fluktuasi nilai perusahaan mengindikasikan terjadinya overvalue atau undervalue dari suatu perusahaan. Hal ini menyulitkan investor dalam mengambil keputusan investasi terutama jangka panjang. Dengan demikian penelitian terkait determinan firm value masih menjadi sesuatu yang relevan. Namun di dalam penelitian terdahulu masih terdapat inkonsistensi hasil. Di beberapa penelitian yang lain menunjukkan adanya perbedaan respon investor dalam kelompok market-based firm size yang berbeda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk, yang pertama memperoleh bukti empiris pengaruh Enterprise Risk Management, Profitability, Leverage, Liquidity, Capital Expenditure, Sales Growth, dan Firm Size terhadap Firm Value. Kedua, memperoleh bukti empiris bahwa pengaruh fundamental perusahaan terhadap Firm Value berbeda antara kelompok kapitalisasi pasar tinggi dengan yang rendah. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dan diperoleh 335 sampel. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Enterprise Risk Managament, Profitability, dan Sales Growth berpengaruh terhadap Firm Value pada sampel kapitalisasi pasar tinggi maupun yang rendah, pengaruh fundamental perusahaan terhadap firm value kelompok kapitalisasi pasar tinggi lebih besar dibandingkan dengan yang rendah. Kontribusi penelitian ini mendukung adanya perbedaan besaran pengaruh fundamental perusahaan terhadap firm value dalam kelompok market-based firm size yang berbeda.
Kata kunci : Firm Value, ERM, Profitability, Sales Growth
PDF0149Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain