PENGARUH REPRESENTATIVENESS BIAS, HINDSIGHT BIAS, HERDING BIAS, OVERCONFIDENCE BIAS, DAN REGRET AVERSION TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Semarang)
Perilaku irasional atau bias perilaku merupakan faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh perilaku bias melalui variabel representativeness bias, hindsight bias, herding bias, overconfidence bias, dan regret aversion terhadap keputusan investasi di pasar modal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada investor dengan sampel 100 responden mahasiswa aktif program sarjana (S1) Perguruan Tinggi di Kota Semarang. Teknik analisis menggunakan teknik Partial Least Square pada program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) representativeness bias berpengaruh terhadap keputusan investasi di pasar modal; (2) hindsight bias berpengaruh terhadap keputusan investasi di pasar modal; (3) herding bias tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi di pasar modal; (4) overconfidence bias berpengaruh terhadap keputusan investasi di pasar modal; dan (5) regret aversion berpengaruh terhadap keputusan investasi di pasar modal.
PDF0270Sk | Tersedia | ||
RF2212013 | M22 ANA p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain