Pengaruh Layanan Digital Perbankan dan Financial Planning Terhadap Perilaku Minat Menabung Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah di PT Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan digital perbankan dan financial planning terhadap perilaku minat menabung dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening. Objek pada penelitian ini yaitu nasabah di PT Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dengan metode kuesioner. Pengambilan data menggunakan teknik Multistage Cluster Sampling dari 14 KC dan KCP Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang. Teori yang digunakan adalah teori perilaku terencana, teori hipotesis siklus hidup dan teori prospek. Alat analisis menggunakan SmartPLS 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa financial planning dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku minat menabung, layanan digital perbankan dan financial planning berpengaruh terhadap literasi keuangan dan literasi keuangan berperan sebagai intervening dalam hubungan antara layanan digital perbankan dengan perilaku minat menabung serta financial planning dengan perilaku minat menabung. Sedangkan layanan digital perbankan tidak berpengaruh terhadap perilaku minat menabung.
PDF0327Sk | Tersedia | ||
RF2212003 | M22 SET p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain