Pengaruh Pemasaran Berbasis Pengalaman dan Kualitas Layanan terhadap Minat Kunjung Ulang yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan
Bisnis pada industri rekreasi dan hiburan membuat perusahaan harus berfokus pada pemenuhan
kepuasan pelanggannya sehingga akan memicu adanya minat kunjung ulang dan bisnis dapat
terus berkembang. Perusahaan mempunyai cara tersendiri dalam mencukupi kepuasan
pelanggan, beberapa diantaranya dengan membagikan pengalaman yang menyenangkan dan
memberikan pelayanan yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis antara
pengaruh pemasaran berbasis pengalaman dan kualitas layanan terhadap minat kunjung ulang
menggunakan kepuasan pelanggan sebagai mediasi. Objek penelitian ini yaitu pada pengunjung
yang bermain dan membeli saldo bermain di Timezone Plaza Pekalongan. Penelitian bersifat
kuantitatif dan mempunyai sampel sebanyak 96 responden. Teknik sampling yang dipakai
menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik non probability sampling. Analisis dan
perhitungan data memakai software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini yaitu pemasaran
berbasis pelanggan tidak menunjukkan pengaruh signifikan pada minat kunjung ulang,
sebaliknya berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan dan berpengaruh signifikan pada
minat kunjung ulang melalui kepuasan pelanggan. Kualitas layanan tidak dapat memberikan
pengaruh secara langsung yang signifikan pada minat kunjung ulang maupun tidak langsung
melalui kepuasan pelanggan. Kualitas layanan juga tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan
pelanggan. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan pada minat kunjung ulang.
Kata kunci : pemasaran berbasis pelanggan, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, minat
kunjung ulang
Abstract
Businesses in the leisure and entertainment industry make companies must focus on fulfilling
customer satisfaction so that it will trigger interest in repeat visits and business can continue to
grow. Companies have their own ways of fulfilling customer satisfaction, some of which are by
sharing pleasant experiences and providing good service. This study aims to look at the analysis
between the influence of experiential marketing and service quality on repeat visit interest using
customer satisfaction as mediation. The object of this research is visitors who play and buy play
balances at Timezone Plaza Pekalongan. The research is quantitative and has a sample of 96
respondents. The sampling technique used used purposive sampling technique with non
probability sampling technique. The results of this study are customer-based marketing does not
show a significant effect on repeat visit interest, on the contrary, it has a significant effect on
customer satisfaction and has a significant effect on repeat visit interest through customer
satisfaction. Service quality cannot have a significant direct effect on revisit interest or
indirectly through customer satisfaction. Service quality also has no significant effect on
customer satisfaction. Customer satisfaction has a significant influence on re-visit interest.
Keyword: experintial maketing, service quality, customer satisfaction, revisit interest
PDF0337Sk | Tersedia | ||
RF2303060 | M23 ROM p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain