Pengaruh Persepsi Suku Bunga Kredit, Prosedur Kredit, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Kredit Konsumtif di Bank Jateng KC Kajen
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keputusan nasabah mengambil kredit konsumtif di Bank Jateng KC Kajen dipengaruhi oleh persepsi suku bunga kredit, prosedur kredit, dan literasi keuangan. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang melakukan pinjaman kredit konsumtif di Bank Jateng KC Kajen di tahun 2022. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 93 responden dengan kriteria nasabah seorang ASN (PNS dan P3K). Proses perolehan data menggunakan kuesioner. Analisis regresi linear berganda merupakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan penelitian, persepsi suku bunga kredit, prosedur kredit, dan literasi keuangan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah mengambil kredit konsumtif di Bank Jateng KC Kajen. Persepsi suku bunga kredit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil kredit konsumtif di Bank Jateng KC Kajen. Prosedur kredit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil kredit konsumtif di Bank Jateng KC Kajen. Literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil kredit konsumtif di Bank Jateng KC Kajen.
Kata kunci : persepsi suku bunga kredit, prosedur kredit, literasi keuangan, keputusan nasabah mengambil kredit konsumtif
PDF0301Sk | Tersedia | ||
RF2303061 | M23 VER p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain