PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SELLER MARKETPLACE TOKOPEDIA(Studi Pada Konsumen Pengguna Aplikasi Tokopedia Di Jawa Tengah)
ABSTRAK
Internet merupakan salah satu fenomena yang saat ini mengubah aktivitas manusia
termasuk aktivitas belanja, dari offline menjadi online. Tujuan dari penelitian adalah untuk
menguji pengaruh langsung dan tidak langsung online customer review dan rating terhadap
minat beli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Kuantitatif melalui Kuesioner. Sampel berjumlah 96 responden. Metode
pengambilan sampel menggunakan pendekatan Non Probality Sampling dengan teknik
Purposive Sampling. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Uji validitas
menggunakan Faktor Loading dan Average Variance Extracted. Sedangkan uji reliabilitas
menggunakan nilai Cronbach’s Alpha dan Composite Reliability dan Spesific Indirect Effect
penguji pengaruh tidak langsung. Pengujian yang dihasilkan ada 7 hipotesis. 5 Hipotesis yang
diajukan terdukung dan signifikan. Sedangkan 2 hipotesis yang diajukan tidak terdukung dan
tidak signifikan yaitu online customer rating terhadap minat beli, online customer rating
terhadap minat beli melalui kepercayaan sebagai mediator.
PDF1001Sk | M22 SAL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain