Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kosmetik Wardah Di Kota Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, brand image, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada Kosmetik wardah di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 102 responden. Analisis yang digunakan dalam penetian ini adalah IBM SPSS Versi 23. Penelitian ini menggunakan rumus Lemeslow dengan pengambilan sampelnya adalah menggunakan metode purposive sampling. Hasil pengujian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1.) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2.) Brand Image tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 3.) Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kosmetik Wardah dapat meningkatkan citra merek lebih baik dengan citra yang lebih baru dan unik agar dapat menarik minat beli konsumen. Lalu Wardah dapat menggunakan duta merek baru dengan kecocokan pada produk agar memiliki kesan yang baru dan dapat menarik konsumen lebih banyak lagi dengan begitu kesadaran merek pun ikut meningkat. Dan menambah frekuensi iklan yang tayang sebagai promosi agar brand ambassador bisa dikenal lebih luas oleh konsumen sehingga citra merek dan kesadaran merek meningkat yang menyebabkan keputusan pembelian produk kosmetik wardah oleh konsumen. Kanta Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness, Keputusan Pembelian. This study aims to determine the influence of brand ambassadors, brand image, and brand awareness on purchasing decisions for wardah cosmetics in the city of Semarang. The population in this study are residents of the city of Semarang. The sample used in this study amounted to 102 respondents. The analysis used in this research is IBM SPSS Version 23. This study uses the Lemeslow formula with purposive sampling. The test results in this study can be concluded that 1.) Brand Ambassadors have a positive and significant effect on purchasing decisions. 2.) Brand Image has no positive and insignificant effect on purchasing decisions. 3.) Brand Awareness has a positive and significant effect on purchasing decisions. Wardah cosmetics can improve brand image better with a newer and unique image in order to attract consumers' buying interest. Then Wardah can use new brand ambassadors with matches to the product so that it has a new impression and can attract even more consumers so that brand awareness also increases. And increasing the frequency of advertisements that appear as promotions so that brand ambassadors can be known more widely by consumers so that brand image and brand awareness increases which causes consumers to purchase wardah cosmetic products. Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness, Purchase Decision
RF2309047 | M23 ALD p | Tersedia | |
PDF0442Sk | M23 ALD p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain