Jurnal Thesis PDF
Menavigasi Risiko Pembelian Online: Persepsi Konsumen Dalam Lanskap E-Commerce
E-commerce telah mengubah cara konsumen berbelanja dengan kenyamanan dan akses ke berbagai produk. Penelitian sebelumnya menunjukkan aktivitas pada lanskap e-commerce memberikan ketidakpastian nilai risiko dan nilai keuntungan. Beberapa konsumen cenderung mengabaikan risiko jika manfaat yang diperoleh lebih besar. Oleh karena itu, diperlukan menavigasi ketidakpastian sebagai upaya untuk meminimalkan risiko atau mengambil risiko karena urgensi kebutuhan dalam situasi yang melibatkan satu entitas seperti merek tertentu atau kepercayaan terhadap penjual atau fungsi produk. Penelitian kualitatif dilakukan untuk memahami bagaimana konsumen secara khusus menavigasi risiko, membangun kepercayaan, dan menghadapi dampak psikologis pasca pembelian dalam lanskap e-commerce. Penelitian ini mengungkapkan bahwa konsumen menganggap e-commerce memberikan kemudahan dan manfaat dalam berbelanja, termasuk fleksibilitas waktu dan pilihan produk yang beragam. Namun, konsumen juga menyadari adanya risiko, seperti risiko terkait produk, pengiriman, keamanan data, dan keuangan. Konsumen melakukan pertimbangan dengan mengandalkan ulasan produk, peringkat ulasan, dan jumlah penjualan untuk mengurangi risiko atau mengambil risiko. Mereka mengelola risiko dengan memilih merek atau toko yang sudah dikenal dan mengambil langkah-langkah aktif untuk menghadapi risiko yang mungkin muncul. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi bisnis e-commerce dengan tujuan untuk meningkatkan praktik transaksi online, meminimalkan ketidakpastian risiko, dan akhirnya menciptakan pengalaman belanja yang lebih positif bagi para konsumen. Dengan memahami cara konsumen merespons risiko dan membangun kepercayaan, bisnis e-commerce dapat lebih baik mengarahkan upaya mereka dalam menciptakan lingkungan berbelanja yang lebih aman, nyaman, dan memuaskan.
PDF0013TH | MM23 OKT m | Tersedia | |
RF2309125 | MM23 OKT m | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain