Pembelian Tidak Terencana Pada Konsumen Shopee Ditinjau Dari Promosi Penjualan Dan Pembelian Hedonis Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening
Shopee merupakan platform e-commerce yang belakangan ini menarik perhatian. Dengan kurung waktu yang relatif pendek, Shopee mampu menjadi e-commerce terpopuler dan mampu menyaingi para pedahulunya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh promosi penjualan dan pembelian hedonis terdahap pembelian tidak terencana dengan emosi positif sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden dengan teknik penarikan sampel purposive sampling dan teknik analisis data dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil perhitungan pada masing masing hipotesis menunjukan pembelian hedonis dan emosi positif mampu memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Promosi penjualan tidak mempengaruhi pembelian tidak terencana dan emosi positif. Emosi positif mampu memediasi antara pembelian hedonis dengan pembelian tidak terencana. Emosi positif tidak mampu memediasi antara promosi penjualan dengan pembelian tidak terencana.
Kata kunci: Promosi Penjualan, Pembelian Hedonis, Emosi Positif Dan Pembelian Tidak Terencana.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain