Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Perilaku Tidak Etis Dengan Persepsi Keadilan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Pembiayaan Di Kota Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh sistem pengendalian manajemen terhadap perilaku tidak etis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pembiayaan yang berpusat di Jakarta dan memiliki kantor cabang di Kota Semarang dan metode pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian terdiri dari 62 responden dalam perusahaan pembiayaan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji outer dan inner model yang diolah menggunakan Smart Partial Least Square (Smart PLS v.3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbukti partisipasi dalam penetapan tujuan meningkatkan keadilan prosedural, sedangkan partisipasi dalam penetapan tujuan tidak terbukti meningkatkan keadilan distributif. Penerapan prinsip pengendalian tidak terbukti meningkatkan keadilan distributif, begitu juga dengan penerapan prinsip pengendalian tidak terbukti meningkatkan keadilan prosedural. Hasil yang sama menunjukkan bahwa tidak terbukti penggunaan beberapa ukuran kinerja non-keuangan meningkatkan keadilan distributif dan tidak terbukti jika penggunaan beberapa ukuran kinerja non-keuangan meningkatkan keadilan prosedural. Kualitas umpan balik tidak terbukti meningkatkan keadilan prosedural, dan kualitas umpan balik terbukti meningkatkan keadilan interaksional. Hasil lain menunjukkan bahwa keadilan organisasi (keadilan distributif) terbukti mengurangi kecenderungan untuk menciptakan senjangan anggaran melalui peningkatan komitmen organisasi, dan keadilan organisasi (keadilan interaksional) tidak terbukti mengurangi kecenderungan asimetri informasi melalui peningkatan komitmen organisasi. Sementara keadilan organisasi (keadilan distributif) terbukti mengurangi kecenderungan untuk menciptakan senjangan anggaran melalui peningkatan kepercayaan dari atasan, begitu juga dengan keadilan organisasi (keadilan interaksional) mengurangi kecenderungan asimetri informasi melalui peningkatan kepercayaan dari atasan.
PDF0585Sk | A20 SUT p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain