Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah reputasi underwriter, reputasi auditor, persentase saham yang ditawarkan ke publik, dan financial leverage berpengaruh terhadap tingkat underpricing pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Underpricing merupakan suatu fenomena dimana harga saham perusahaan yang baru go public di pasar primer lebih rendah dibandingkan dengan harga saham saat diperdagangkan di pasar sekunder. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih 71 perusahaan yang memenuhi kriteria. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, multikoleniaritas dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Hasil dariPenelitian ini menunjukkan bahwa Reputasi Underwriter, dan Reputasi Auditor berpengaruh negatif signifikan terhadap Underpricing. Sedangkan Persentase Saham yang Ditawarkan ke Publik tidak berpengaruh terhadap Underpricing karena banyaknya lembar saham yang ditawarkan ke publik tidak mampu menjelaskan kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Dan Financial Leverage tidak mempengaruhi underpricing saham secara signifikan. Hal ini dikarenakan investor tidak terlalu mementingkan Financial Leverage. HasilPenelitian ini menunjukkan koefisien determinasi modelPenelitian sebesar 0,441 atau 44,1 %.
PDF0835Sk | A21 D.Y.R a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain