Jurnal Thesis PDF
Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Nilai Pasien Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien (Studi Pada Rsud Dr. H. Soewondo Kendal)
Tujuan penelitian yakni menganalisis pengaruh citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien, menganalisis pengaruh nilai pasien terhadap loyalitas pasien, menganalisis pengaruh citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien, menganalisis pengaruh nilai pasien terhadap kepuasan pasien, menganalisis pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien, menganalisis pengaruh citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien, serta menganalisis pengaruh nilai pasien terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien.
Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kendal (jumlah populasi seluruh pasien rawat inap dari mulai rumah sakit berdiri sampai sekarang). Teknik pengambilan sampel memakai sampling insidental (sampel kebetulan yang dijumpai oleh peneliti). Peneliti menyebarkan kuesioner dengan cara memasuki ruangan rawat inap pasien (bukan pasien UGD). Responden yang mengisi kuesioner adalah penunggu pasien (keluarga pasien) sebagai perwakilan pasien dalam pengambilan data penelitian. Hal ini karena pasien sakit memiliki kemungkinan tidak bisa komunikatif pada saat pengambilan data. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus cochran (ukuran populasi besar dan tidak diketahui jumlahnya) melalui rumus slovin dengan margin of error sebesar 10% sehingga ditemukan jumlah sampel sebanyak 100 pasien.
Hasil penelitian yakni tidak terdapat pengaruh citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien, tidak terdapat pengaruh nilai pasien terhadap loyalitas pasien, terdapat pengaruh positif signifikan citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh positif signifikan nilai pasien terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh positif signifikan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien, terdapat pengaruh positif signifikan citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien, serta terdapat pengaruh positif signifikan nilai pasien terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien.
Kata Kunci : Loyalitas Pasien; Kepuasan Pasien; Citra Rumah Sakit; Nilai Pasien
PDF1148Sk | MM22 DEL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain