Jurnal Thesis PDF
Analisis Pengaruh Product Originality Dan Product Demonstrability Video Presentasi Terhadap Kepuasan Siswa Melalui Perceived Enjoyment Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj)(Studi Kasus: Smk Migas Muhammadiyah Cilacap)
Tujuan: Dapat diketahui bagaiamana efektifitas penggunaan video presentasi saat belajar jarak jauh. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajran berupa video presentasi dalam saat belajar non tatap muka.
Pendekatan desain/metodologi: Sampel diteliti, sedangkan metode lainya sensus yakni semua populasi dijadikan sample sehingga total sampelnya sebanyak 125 responden Selain itu penulis meneliti hanya mengambil seluruh kelas 12 saja dikarenakan dalam kurikulum SMK 70% Praktikum 30% Teori, sedangkan dikelas 10 hanya teori dasarnya sajan kelas 11 PKL, kelas 12 memasuki 70% Praktikum dan 350 teori, dengan hal tersebut video presentasi ini hanya di tujukan untuk kelas 3 namun bisa juga setiap angkatan yaitu kelas 10,11,12 dibuatkan.
Temuan: menggunakan presentasi berupa video dapat diterima oleh responden yang dapat dilihat berdasarkan persentase dari jawaban responden dari hasil pengukuran menggunakan variabel pada bab sebelumnya. Penerapan media pembelajaran video presentasi juga memberikan kemudahan kepada guru untuk membantu siswa belajar secara mandiri serta memudahakan siswa untuk lebih memahami materi, Varaibel PD (product demonstrability) berpengaruh signifikan terhadap variable SF (satisfaction) dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel.Variabel PO (product originality) berpengaruh signifikan terhadap variabel SF (satisfaction) dengan PE (perceived enjoyment) sebagai variabel mediasi nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel.Variabel PD (produk demostrability) tidak berpengaruh terhadap variabel SF (satisfaction) dengan PE (perceived enjoyment) sebagai variabel mediasi dengan nilai t tabel lebih besar dari t hitung.
Orisinalitas/nilai: Berdasarkn hasil permasalahan tinggi pada kendala masih banyaknya murid tidak paham saat zoom mempuntai nilai rata-rata 36% dari kendala yang lainnya. Terjadi kendala seperti belum mehamai materi karena murid kebingungan dengan alat atau media masih monoton menggunakan tulisan saja sehingga siswa merasa bosan dan tentunya masih bingung saat guru menjelaskan di zoom. Berdasarkan hal yang telah dijabarkan dibutuhkannya media yang berbeda yang mudah untuk dimenegrti para siswa saat proses belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran, Video Presentasi, Kepuasan siswa.
.
PDF1108Sk | MM22 WIJ a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain