Jurnal Thesis PDF
Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Kinerja Karyawan Melalui Peran Kepuasan. Komitmen, Dan Keterlibatan Karyawan (Studi Pada Perusahaan Alih Daya Pt. Molly Sentosa Indonesia)
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kegagalan Site Manager perusahaan outsourcing dalam meningkatkan kinerja karyawan di site/area milik perusahaan pengguna jasa, dengan demikian penulis menyelidiki seberapa besar dampak perilaku kepemimpinan site manager terhadap keberhasilan dalam mengelola sikap kerja karyawan dan kinerja karyawan di site.
Pendekatan desain/metodologi: Data diperoleh dari 191 karyawan outsourcing yang bekerja di Pollux Properties Group Semarang. Data tentang perilaku kepemimpinan dikumpulkan dengan menggunakan Penilaian Gaya Kepemimpinan Bass & Avolio, penilaian terkait kinerja karyawan dikumpulkan dengan menggunakan penilaian Robbins. Untuk Kepuasan kerja bawahan diukur dengan menggunakan skala yang dikembangkan oleh Robbins. Adapun untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterlibatan kerja diukur menggunakan skala keterlibatan kerja Johnpray dan untuk mengukur komitmen kerja karyawan digunakan dengan menggunakan skala komitmen Busro.
Temuan: Dalam studi ini ditemukan adanya hungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan tehadap kinerja, baik secara langsung maupun melalui mediasi keterlibatan kerja karyawan. Perilaku kepemimpinan juga berpengaruh yang positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan kerja, komitmen dan keterlibatan kerja karyawan, tetapi kepuasan kerja dan komitmen karyawan tidak mempengaruhi kinerja karyawan.
Orisinalitas/nilai: Dalam studi ini meskipun dilakukan dalam ruang lingkup wilayah Semarang, namun temuan dari penelitian ini memiliki relevansi dengan lingkup yang lebih luas terutama bagi perusahaan alih daya/outsourcing di Indonesia. Hasil dari penelitian ini akan sangat membantu bagi perusahaan alih daya/outsourcing dan bagi Site Manager/Koordinator Site dalam mengelola dan mengoptimalkan peran tenaga kerja yang ditugaskan di Site milik perusahaan pengguna jasa dengan mengadopsi perilaku yang benar.
PDF1074Sk | MM22 KHO p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain