Jurnal Thesis PDF
Pengaruh Customer Relatioship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Dalam Pemasaran B-2-B Pt. Saprotan Utama Nusantara
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh CRM terhadap minat loyalitas yang di mediasi atau dihubungkan dengan kepuasan. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pelanggan sebagai responden. Populasi dalam penelitian ini adalah distributor PT Saprotan Utama Nusantara. Data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran kuesioner untuk pelanggan sebagai responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 50 responden. Analisis data menggunakan SmartPLS versi 3. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa CRM tidak berpengaruh terhadap loyalitas sedangkan, CRM berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan. Sedangkan kepuasan sebagai variabel mediasi terbukti dapat memediasi CRM terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci: CRM, kepuasan dan loyalitas
PDF1140Sk | MM22 ZAI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain