Jurnal Thesis PDF
Analisis Pengaruh Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Pemesanan) Hotel Yang Dimediasi Oleh Keyakinan Pada Wisatawan Generasi Y Di Jawa Tengah
Perkembangan penggunaan teknologi internet yang makin pesat seiring dengan terjadinya pandemic Covid-19 juga berpengaruh pada sector pariwisata. Wisatawan kini cenderung menggunakan teknologi internet dalam merencanakan perjalanan wisatanya, termasuk untuk memesan hotel. Perubahan ini menjadi tantangan baru di bidang perhotelan dimana pihak manajemen hotel harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang dipakai oleh para konsumennya.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dan peran keyakinan yang memediasi pengaruh penggunaan media sosial dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Riset ini diadakan pada area provinsi Jawa Tengah dengan menyebar kuesioner kepada wisatawan yang pernah menginap di hotel-hotel di Jawa Tengah dan melakukan pemesana n hotel melalui online travel agent (OTA). Kuesioner yang telah sudah diuji validitas dan reliabilitasnya ditujukan kepada 100 responden. Cara pengumpulan datanya memakai kuisioner online, kepustakaan, observasi, dan wawancara. Sedangkan pengukuran analisis datanya menggunakan Partial Least Square (PLS).
Hasil analisi data yang diperoleh yaitu penggunaan social media dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian (pemesanan) hotel di Jawa tengah pada wisatawan generasi Y baik secara langsung maupun dimediasi oleh keyakinan.
Perkembangan penggunaan teknologi internet yang makin pesat seiring dengan terjadinya pandemic Covid-19 juga berpengaruh pada sector pariwisata. Wisatawan kini cenderung menggunakan teknologi internet dalam merencanakan perjalanan wisatanya, termasuk untuk memesan hotel. Perubahan ini menjadi tantangan baru di bidang perhotelan dimana pihak manajemen hotel harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang dipakai oleh para konsumennya.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dan peran keyakinan yang memediasi pengaruh penggunaan media sosial dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Riset ini diadakan pada area provinsi Jawa Tengah dengan menyebar kuesioner kepada wisatawan yang pernah menginap di hotel-hotel di Jawa Tengah dan melakukan pemesana n hotel melalui online travel agent (OTA). Kuesioner yang telah sudah diuji validitas dan reliabilitasnya ditujukan kepada 100 responden. Cara pengumpulan datanya memakai kuisioner online, kepustakaan, observasi, dan wawancara. Sedangkan pengukuran analisis datanya menggunakan Partial Least Square (PLS).
Hasil analisi data yang diperoleh yaitu penggunaan social media dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian (pemesanan) hotel di Jawa tengah pada wisatawan generasi Y baik secara langsung maupun dimediasi oleh keyakinan.
PDF1304Sk | MM22 LAR a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain