SKRIPSI
Pengaruh Persepsi Risiko Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Pokok Online Pada Masyarakat Pengguna Layanan E-Commerce Di Kabupaten Semarang
Adanya teknologi internet berdampak pada perubahan yang luar biasa terhadap cara hidup masyarakat. Salah satunya adalah layanan e-commerce. Lewat e-commerce, konsumen dapat membeli produk atau jasa tanpa adanya batas waktu dan wilayah. Semakin mudahnya melakukan kegiatan belanja online, semakin tinggi risiko yang terjadi. Risiko yang terjadi adalah ketika barang yang dipesan hanya bisa dilihat melalui layar elektronik dan bisa saja tidak sesuai dengan iklan di e-commerce tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari persepsi risiko dan promosi terhadap keputusan pembelian bahan makanan secara online. Populasi penelitian ini yaitu individu pengguna layanan belanja bahan pokok online di Kabupaten Semarang, yang dipilih dengan metode Purposive Sampling dan Snowball Sampling, sehingga total sampel adalah 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan alat analisis data SPSS. Penelitian ini menerima dua hipotesis, yaitu risiko berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian bahan pokok online dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian bahan pokok online. Semakin tinggi persepsi risiko pada individu maka semakin rendah keputusan untuk membeli sebuah produk. Sementara promosi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bahan pokok online, yang berarti promosi yang dilakukan secara tepat dan baik, dapat meningkatkan keinginan dan keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut.
Kata kunci: risiko, promosi, keputusan pembelian, e-commerce, belanja online.
SKR24065 | M24 ANN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain