SKRIPSI
Kajian Faktor Psikologi Dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan Pt Homecredit
Perekonomian di Indonesia telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun salah satunya
pada perusahaan yang bergerak pada bidang penyediaan dana. Terdapat banyak faktor dalam
pengambilan keputusan pembiayaan, salah satunya yaitu faktor psikologi.Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan memahami mengenai pengaruh faktor psikologi Sosial Interaction, Self
Attribution, Oveconvidence, Availability, Emotional terhadap pengambilan keputusan
pembiayaan pada konsumen PT. Homecredit Semarang. Penelitian ini menggunakan data dengan
menyebarkan kuesioner melalui google form sebagai media pengumpulan datanya untuk 100
responden, data diolah menggunakan software SPSS. Analisis yang digunakan pada penelitian
ini adalah analisis deskriptif, uji kelayakan data, uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif, uji
regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Emotional
berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan. Sedangkan Social
Interaction, Self Attribution, Overconvidence, dan Availability tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap pengambilan keputusan.
Kata Kunci : social interaction, self attribution, oveconvidence, availability, emotional
SKR24041 | M24 ANG k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain