SKRIPSI
Pengaruh Kompensasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Kerja Guru Smk Negeri Di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Xi Provinsi Jawa Tengah
Pendidikan Indonesia sendiri menurut PISA 2022 berada di posisi 10 terendah. Kondisi ini
mengakibatkan guru harus lebih ekstra untuk mendidik, sayangnya dalam kondisi bersamaan,
guru sendiri merupakan salah satu profesi dengan tingkat stres yang cukup tinggi. Oleh karena
itu tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengurangi stres kerja Guru dengan menggunakan
variabel prediktor Kompensasi dan Kecerdasan Emosional. Sampel penelitian ini melibatkan
90 Guru SMK Negeri di Kabupaten Brebes dan Kota Tegal dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik slovin. Pengujian menggunakan model analisis regresi linier berganda
diolah menggunakan SPSS Versi 29. Hasil penelitian membuktikan bahwa a) Kompensasi
berpengaruh negatif signifikan terhadap stres kerja. Hal ini menunjukkan bahwa semakin
Guru mendapatkan kompensasi yang sesuai maka semakin rendah tingkat stres mereka. b)
Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kerja. hal ini
menunjukan bahwa adanya hubungan positif signifikan antara Kecerdasan Emosional
terhadap stres kerja
SKR24009 | M24 GAW p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain