THESIS
Pengaruh Nilai Fungsional, Sosial Dan Emosional Terhadap Green Purchase Intention Melalui Green Trust
Peraturan Walikota Semarang Nomor 27 tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Plastik menyebabkan masyarakat harus membayar Rp 200 saat membeli kantong belanja ramah lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh nilai fungsional, sosial dan emosional terhadap green purchase intention melalui gren trust. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sample berjumlah 100 orang. Metode analisis data menggunakan SEM PLS 4.0. Hasil uji validitas konvergen menunjukkan pernyataan pada variabel mampu menjelaskan variabel masing-masing serta jawaban responden terhadap pernyataan adalah reliabel. Hasil hipotesis yaitu nilai fungsional dan nilai sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention sedangkan nilai emosional berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention. Kemudian untuk nilai fungsional dan nilai emosional berpengaruh signifikan terhadap green trust sedangkan nilai emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap green trust. Green trust berpengaruh positif signifikan terhadap green purchase intention. Nilai fungsional dan nilai emosional berpengaruh positif signifikan terhadap green purchase intention melalui green trust sedangkan variabel nilai sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention melalui green trust sebagai variabel mediasi.
Kata kunci : nilai fungsional, nilai sosial, nilai emosional, green trust, green purchase intention
THS24016 | MM24 BUN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain