THESIS
Analisis Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Manajemen Sdm, Knowledge Management Terhadap Kinerja Pemeliharaan (Studi Kasus Pemeliharaan Alat Ukur Kwh Meter Pada Pln Uid Jateng & Diy)
Profitabilitas merupakan tujuan dari perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Beberapa usaha yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat meningkatkan profitabilitasnya antara lain dengan meningkatkan jumlah penjualan dan melakukan efisiensi dalam proses bisnis. Dalam upaya meningkatkan penjualan energi listrik maka PLN memiliki kinerja pemeliharaan alat ukur guna memastikan tidak terjadi kerusakan pada alat ukur agar energi yang terjual kepada pelanggan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah masih rendahnya jumlah pemeliharaan alat ukur yaitu 58% dari total target pemeliharaan sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya. Model penelitian ini menganalisis tujuh hipotesis yaitu pertama teknologi informasi berpengaruh positif terhadap manajemen SDM, kedua teknologi informasi berpengaruh positif terhadap knowledge management, ketiga manajemen SDM berpengaruh positif terhadap kinerja pemeliharaan, keempat knowledge management berpengaruh positif terhadap kinerja pemeliharaan, kelima teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemeliharaan, keenam teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemeliharaan melalui manajemen SDM, ketujuh teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemeliharaan melalui knowledge management. Objek dalam penelitian ini adalah PLN UID Jateng Dan DIY. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 79 responden yang merupakan team leader pada Unit Layanan Pelanggan di wilayah kerja PLN UID Jateng Dan DIY. Metode analisis data menggunakan aplikasi Smart PLS dengan pengujian outer model yang tediri dari uji validitas dan reliabilitas serta pengujian inner model yang terdiri dari uji kelayakan model struktural dengan uji F dan R2. Hasil penelitian disimpulkan bahwa lima dari tujuh hipotesis yang diteliti dapat diterima. Dua hipotesis yang ditolak adalah hipotesis kelima dan keenam.
Kata kunci : Aplikasi Teknologi Informasi; Manajemen SDM, Knowledge Management, Kinerja Pemeliharaan Alat Ukur.
THS23001 | MM24 REV a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain