THESIS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Citra Rumah Sakit (Brand Image) Sebagai Variabel Mediasi Studi Pada Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien dengan citra Rumah Sakit sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang dipakai adalah explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel dengan melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati periode januari 2024 sampai dengan April 2024 yaitu sebanyak 4.713 pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini digunakan teknik Simple Random Sampling. Besarnya sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin yang diperoleh sebanyak 100 pasien. Teknik analisis yang dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SmartPLS.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap citra Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati. Fasilitas berpengaruh positif terhadap citra Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati. Fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati. Citra berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan citra Rumah Sakit sebagai variabel mediasi. Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan citra Rumah Sakit sebagai variabel mediasi.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, fasilitas, kepuasan dan citra
Abstract
This study aims to analyze the effect of service quality and facilities on patient satisfaction with hospital image as a mediating variable. The type of research used is explanatory research, which is research that explains the causal relationship between variables through hypothesis testing. The population in this study were all inpatients of Mitra Bangsa Pati Hospital from January 2024 to April 2024, namely 4,713 patients. The sampling technique in this study used the Simple Random Sampling technique. The sample size was taken using the Slovin formula which was obtained as many as 100 patients. The analysis technique in this study used the help of the SmartPLS program.
The conclusion in this study is that service quality has a positive effect on the image of Mitra Bangsa Pati Hospital. Facilities have a positive effect on the image of Mitra Bangsa Pati Hospital. Service quality has a positive effect on patient satisfaction at Mitra Bangsa Pati Hospital. Facilities have no effect on patient satisfaction at Mitra Bangsa Pati Hospital. Image has a positive effect on patient satisfaction at Mitra Bangsa Pati Hospital. Service quality affects patient satisfaction with hospital image as a mediating variable. Facilities affect patient satisfaction with hospital image as a mediating variable.
Keywords: Service quality, facilities, satisfaction and image
THS24099 | MM24 SUH p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain