SKRIPSI
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX (CGPI), INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Nilai perusahaan dapat memproyeksikan prospek kemampuan perusahaan dalam meningkatkan profitabilitas dan kinerja perusahaan. Meningkatkan nilai perusahaan maka dapat meningkatkan nilai investasi yang investor lakukan diperusahaan tersebut. Semakin tinggi nilai sebuah perusahaan maka calon investor akan memandang baik pula kinerja perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, corporate governance perception index (CGPI), investment opportunity set (IOS) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian terdiri dari 9 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014, dengan jumlah pengamatan sebesar 36 dan dipilih secara purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan yaitu variabel profitabilitas dan investment opportunity set. Variabel yang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan yaitu variabel struktur modal sedangkan variabel ukuran perusahaan dan corporate governance perception index tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. rn rnrnKata Kunci : Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Corporate Governance Perception Index, Investment Opportunity Set.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain