SKRIPSI
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN RISIKO SISTEMATIK TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC)
ABSTRAKrnEarnings response coefficient adalah salah satu pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur reaksi pemodal atau respon harga saham terhadap informasi laba akutansi. Reaksi yang diberikan tergantung dari kualitas laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah (1) pengaruh ukuran perusahaan tehadap earnings response coefficient, (2) pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap earnings response coefficient (3) pengaruh profitabilitas terhadap earnings response coefficient (4) pengaruh struktur modal terhadap earnings response coefficient dan (5) pengaruh risiko sitematis terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 136 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan negatif terhadap earnings response coefficient, (2) pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient, (3) profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap earnings response coefficient (4) struktur modal berpengaruh signifikan negatif terhadap earnings response coefficient dan (5) risiko sistematik berpengaruh signifikan negatif terhadap earnings response coefficient.rnKata kunci: earnings response coefficient, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, struktur modal, risiko sistematik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain