SKRIPSI
PENGARUH BIAYA PROMOSI, BIAYA DISTRIBUSI, MODAL KERJA, FIRM SIZE TERHADAP PENJUALAN DENGAN INTELLECTUAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi, biaya distribusi, modal kerja, firm size terhadap penjualan dengan intellectual capital sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur di sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data sekunder. Variabel Dependen yang digunakan dalam penelitian adalah penjualan sedangkan Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya promosi, biaya distribusi, modal kerja, firm size dengan intellectual capital sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian sebanyak 36 perusahaan yang di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2015 yang telah memenuhi kriteria dengan metode purposive sampling.Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, uji regresi berganda, uji asumsi klasik, dan anilisis kebaikan model. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa biaya promosi, firm size berpengaruh terhadap penjualan, biaya distribusi, modal kerja, intellectual capital tidak berpengaruh terhadap penjualan, sedangkan biaya promosi dihubungkan dengan intellectual capital memoderasi berpengaruh negatif terhadap penjualan, biaya distribusi, modal kerja, firm size dihubungkan dengan intellectual capital tidak mampu memoderasi terhadap penjualan.
Kata kunci : Biaya Promosi, Biaya Distribusi, Modal kerja, Firm Size, Penjualan, Intellectual Capital.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain