SKRIPSI
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Distro DISTRICTSIDES Semarang)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, atribut produk, media communication, kepercayaan, kepuasan dan harga terhadap loyalitas pelanggan Distro Districtsides Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi dan membeli di Distro Districtsides Semarang, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, yaitu semua konsumen yang mengunjungi dan membeli di Distro Districtsides Semarang mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sebagai sampel. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik.
Hasil pengujian, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dapat diartikan bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan pihak distro, maka akan semakin menambah tingginya loyalitas pelanggan untuk tetap menggunakan produk tersebut. Pada pengujian hipotesis kedua, atribut produk terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Media communication terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepercayaan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk yang ditawarkan distro, maka akan semakin menambah tingginya loyalitas pelanggan. Pada hipotesis kelima kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Pengaruh harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin harga yang ditawarkan distro terjangkau, maka akan semakin menambah tingginya loyalitas pelanggan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain