SKRIPSI
PENGARUH BEBERAPA FAKTOR TERHADAP MINAT MENJADI MITRA LAKU PANDAI (Studi Kasus : Masyarakat di Kota Pekalongan, Semarang dan Yogyakarta)
ABSTRAK
Berkembangnya industri perbankan yang pesat tidak dibarengi dengan pemerataan akses pelayanannya kepada masyarakat secara menyeluruh. Akses masyarakat terhadap pelayanan perbankan masih rendah, apalagi untuk masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari perkotaan. Padahal, pembangunan ekonomi yang berhasil sejatinya ditandai dengan terciptanya sistem keuangan yang stabil dan bisa diakses secara merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Munculnya mitra atau agen Laku Pandai dinilai mampu mengatasi problematika pemerataan akses layanan keuangan kepada masyarakat secara menyeluruh. Mitra atau agen Laku Pandai ini nantinya akan melayani transaksi keuangan bagi masyarakat yang berada di pelosok pedesaan. Namun pada nyatanya, realisasi pencapaian mitra atau agen Laku Pandai masih jauh dari yang di targetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat menjadi mitra atau agen Laku Pandai dengan menganalisis pengaruh variabel faktor intrinsik, variabel faktor ekstrinsik dan sikap konsumen pada minat beli. Hasil dari regresi berganda antara variabel yang terdapat pada faktor intrinsik, ekstrinsik dan sikap konsumen terhadap miat beli menunjukkan ada beberapa variabel yang signifikan mempengaruhi minat beli. Variabel-variabel yang secara signifikan mempengaruhi minat beli adalah kualitas persepsian, nilai persepsian, harga persepsian, familier dan situasi ekonomi yang di persepsikan. Sedangkan variabel yang tidak signifikan mempengaruhi minat beli adalah risiko persepsian, citra toko, iklan dan kepercayaan.
Kata Kunci : mitra atau agen Laku Pandai, minat beli, faktor intrinsik, faktor ekstrinsik dan sikap konsumen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain