SKRIPSI
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BEI PERIODE 2011
ABSTRAK
Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan saham utama. Sebuah perusahaan yang ingin go public akan melakukan proses IPO. Fenomena yang terjadi umumnya adalah underpricing. Underpricing adalah kondisi yang menunjukkan bahwa harga saham ini di pasar primer lebih rendah dibandingkan hari pertama pasar saham.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan,return on asset, dan debt to equity ratio terhadap underpricing saham pada perusahan yang melakukan initial public offering di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan initial public offering yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian tahun 2011 sampai dengan tahun 2015, yakni berjumlah 124 perusahaan yang didapat melalui studi lapangan di Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 93 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Melalui anilisis regresi berganda dapat diketahui pengaruh dari masing-masing kelima variabel terhadap underpricing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan, dan debt to equity ratio mempunyai pengaruh terhadap tingkat underpricing.
Kata kunci: reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan, return on asset, debt to equity ratio, underpricing.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain