SKRIPSI
PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING
ABSTRAKrnKebutuhan modal perusahaan untuk mengembangkan usahanya dapat dilakukan denganrnpenawaran saham perdana kepada publik atau yang biasa dikenal dengan Initial Public offeringrn(IPO). Pada penawaran perdana Saham yang diperdagangkan pada pasar perdana biasanya terjadirnunderpricing. Underpricing adalah harga saham perdana lebih rendah dari pada harga saham dirnpasar sekunder. Underpricing pada penelitian ini diukur dengan Initial Return (IR) sebagairnvariabel dependen pada peneltian ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktorrnyang mempengaruhi tingkat underpricing. Variabel yang diteliti pada penelitian ini antara lainrnprofitabilitas, financial leverage, dan reputasi underwriter digunakan oleh investor dalamrnpengambilan keputusan investasinya. Selain itu terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhirnkeputusan investor yaitu variabel corporate governance yang dapat meningkatkan nilairnperusahaan sehingga dapat meningkatkan harga saham. Pada penelitianmenggunakan sampel 38rnperusahaan dari populasi sebanyak 120 perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa EfekrnIndonesia (BEI) selama periode 2009-2014menggunakan metode purposive sampling. Penelitianrnini menggunakan SPSS 19 dengan pengujian hipotesis menggunakan moderasi. Hasil penelitianrnmenunjukkan profitabilitas dan reputasi underwriter berpengaruh negati signifikan terhadaprnunderpricing. selain itu variabel moderasi corporate governance mampu memoderasi pengaruhrnreputasi underwriter dengan underpricing.rnKata kunci: Underpricing, Profitabilitas, Financial Leverage, Reputasi Underwriter, CorporaternGovernance.
AK2016.1A122003 | 1A122003 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Tidak tersedia versi lain