SKRIPSI
ANALISIS KEPUASAN NASABAH TABUNGAN PT. BPR KEDUNG ARTO UNTUK MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN
Dari bulan Maret 2014 sampai bulan September 2015 PT BPR Kedung Arto mengalami fluktuasi dalam menghimpun dana tabungan dari masyarakat. Dengan meningkatnya BPR di Kota Semarang diduga persaingan antara BPR akan semakin ketat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan perlu pengendalian faktor-faktor internal yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Faktor-faktor tersebut adalah bauran pemasaran.rn Untuk mengetahui perusahaan sudah mengoptimalkan bauran pemasaran maka dilakukan studi terhadap 100 nasabah tabungan yang tersebar di PT BPR Kedung Arto. Bauran pemasaran meliputi (produk, harga, promosi, tempat/lokasi, bukti fisik, orang dan proses). Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan kriteria dalam menetapkan responden. Adapun kriteria yang digunakan pertama adalah nasabah yang mempunyai rekening tabungan di PT BPR Kedung Arto. Kedua, nasabah yang memiliki rekening di bank lain, selain memiliki rekening di PT BPR Kedung Arto. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, bukti fisik, orang dan proses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Kedung Arto. Sedangkan variabel promosi dan tempat/lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Kedung Arto. rnrnrnrnKata kunci : Bauran pemasaran, Kepuasaan nasabah.
MA2016.1M121788 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Tidak tersedia versi lain