SKRIPSI
PENGARUH LEVERAGE, PELUANG PERTUMBUHAN, RISIKO SISTEMATIK, PROFITABILITAS, dan UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC)
Earnings response coefficient adalah salah satu pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur reaksi pemodal atau respon harga saham terhadap informasi laba akuntansi. Reaksi yang diberikan tergantung dari kualitas laba yang dihasilkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah (1) pengaruh leverage terhadap earnings response coefficient, (2) pengaruh peluang pertumbuhan terhadap earnings response coefficient, (3) pengaruh risiko sistematik terhadap earnings response coefficient, (4) pengaruh profitabilitas terhadap earnings response coefficient, dan (5) pengaruh ukuran perusahaan terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 sampai dengan tahun 2014. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 177 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) leverage berpengaruh negatif terhadap earnings response coefficient, (2) peluang pertumbuhan tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient, (3) risiko sistematik berpengaruh negatif terhadap earnings response coefficient, (4) profitabilitas berpengaruh positif terhadap earnings response coefficient, dan (5) ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap earnings response coefficient.rnrnrnKata Kunci: earnings response coefficient, leverage, peluang pertumbuhan, risiko sistematik, profitabilitas, ukuran perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain