PENGARUH ADVERTISIN, SALES PROMOTION DAN DIRECT MARKETINGTERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN DALAMMEMBELI ROKOK STARMILDDI KOTA SEMARANG
Periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, adalah strategi yang digunakan oleh a perusahaan untuk mencapai tujuan program penjualannya. Persentase penurunan Star Mild pangsa pasar rokok dari tahun ke tahun karena ketatnya persaingan. Selain itu, jumlah produk rokok baru mengakibatkan penurunan omzet penjualan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan variabel iklan, penjualan pemasaran dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian dalam membeli rokok star mild di kota semarang. Pada penelitian ini sampel yang akan digunakan berjumlah 100 konsumen yang membeli Star Mild rokok. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) berdasarkan uji hipotesis variabel advertising berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; 2) berdasarkan hasil uji hipotesis variabel promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; 3) berdasarkan hasil uji hipotesis variabel direct marketing memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian; 4) berdasarkan hasil uji hipotesis variabel iklan, pemasaran penjualan dan pemasaran langsung bersama-sama memiliki pengaruh positif pada keputusan pembelian. Koefisien determinasi sebesar 0,988 yang berarti perubahan dalam variabel keputusan pembelian sebesar 98,8% dapat dijelaskan oleh variabel periklanan, penjualan promosi, dan pemasaran langsung.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Periklanan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung
PDF0246Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain