PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM SERTA PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM TERHADAP NET BENEFIT SIPKD (STUDI PADA OPD KABUPATEN WONOGIRI).
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kebermanfaatan dari penggunaan SIPKD pada OPD Kabupaten Wonogiri dengan menggunakan model DeLone dan McLean secara utuh. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan sistem, kepuasan pengguna sistem dan net benefit SIPKD. Populasi adalah OPD di Kabupaten Wonogiri. Sampel dari penelitian ini adalah pegawai dari 25 OPD di Kabupaten Wonogiri. Responden yang terpilih adalah yang menggunakan SIPKD.
Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis PLS. Berdasarkan pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem. Kemudian kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sistem sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sistem. Penggunaan sistem tidak berpengaruh positif terhadap net benefit SIPKD sedangkan kepuasan pengguna sistem berpengaruh positif terhadap net benefit SIPKD. Hasil penelitian diperoleh nilai R-square variabel penggunaan sistem sebesar 58,9%, nilai R-square variabel kepuasan pengguna sistem sebesar 39,8% dan nilai R-square variabel net benefit SIPKD sebesar 36,8%. Kata kunci: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan Sistem, Kepuasan Pengguna Sistem, Net Benefit SIPKD
PDF0173Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain