ANALISI PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALIOTAS NASABAH (Studi Empiris Nasabah Bank Jateng Cabang Utama)
Abstrak Perkembangan usaha perbankan bank daerah di semarang telah mengalami perkembangan salah satunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) PT. Bank Jateng Cabang Utama di Semarang yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki jumlah nasabah yang cukup banyak dibandingkan bank-bank daerah yang lain yang ada di Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, komunikasi interpersonal, dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Jateng Cabang Utama di Semarang.
Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling, dengan teknik analisis regresi berganda, dan jumlah sampel adalah ditentukan berdasarkan pada perhitungan dari rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang ditoleransi sebesar 10%, dari populasi PT. Bank Jateng Cabang Utama sebanyak per 31 juli 2017 34.740 maka akan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kualitas layanan, kualitas produk, komunikasi interpersonal, dan penanganan keluhan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Pihak frontliner perlu memperhatikan harapan dan kepuasan nasabah agar terciptanya loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa perbankan di Bank Jateng Cabang Utama di Semarang. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Komunikasi Interpersonal, Penanganan Keluhan dan Loyalitas Nasabah.
PDF0160Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain