PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, MEDIA EXPOSURE DAN SERTIFIKASI LINGKUNGAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE
Abstrak : Penelitian ini menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Faktor CSRD yang diteliti adalah size, profitabilitas, leverage, media exposure dan sertifikasi lingkungan pada perusahaan sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan data sekunder. Data sekunder yang berasal dari annual report atau laoran tahunan yang terdaftar perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah sektor pertambangan batu bara secara berturut-turut periode 2014-2016 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan kemudian pemilihan sampel diambil dengan kriteria purposive sampling. Kriteria perusahaan yang mengungkapkan Corporate Social Responsibility Disclosure serta memiliki website dan sertifikasi lingkungan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 45 perusahaan yang diperoleh dari jumlah perusahaan dikalikan dengan rentang waktu penelitian. Penelitian ini menggunakan alat regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Sedangkan media exposure dan sertifikasi lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Media Exposure dan Sertifikasi Lingkungan
PDF0258Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain