PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN EFEK KOMUNITAS TERHADAP BRAND SWITCHINGDARI APLIKASI SNAPCHAT KE APLIKASI INSTAGRAM PADA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG
ABSTRAK : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh atribut produk, kebutuhan mencari variasi dan efek komunitas terhadap brand switching dari aplikasi Snapchat ke aplikasi Instagram pada mahasiswa di kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di kota semarang yang menggunakan aplikasi konten media sosial. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa di kota semarang yang menggunakan aplikasi Snapchat kemudian berpindah menggunakan aplikasi Instagram dengan menggunakan teknik snowball. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1) variabel atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching dari aplikasi Snapchat ke aplikasi Instagram, (2) kebutuhan variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching dari aplikasi Snapchat ke aplikasi Instagram, (3) Efek komunitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching dari aplikasi Snapchat ke aplikasi Instagram. Kata Kunci: Atribut produk, kebutuhan mencari variasi, efek komunitas, Brand Switching
PDF0265Sk | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain