ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI MEDIASI (STUDI KASUS PADA NASABAH KREDIT MITRA JATENG 25 BANK JATENG KCP PASAR JOHAR)
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah ada pengaruh inovasi produk terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan citra merek sebagai mediasi. Objek yang diteliti adalah Kredit Mitra Jateng25 (KMJ-25). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Jateng KCP Pasar Johar yang menggunakan KMJ-25 yaitu sebanyak 32 nasabah dijadikan responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel sensus. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan menggunakan metode analisis jalur dengan SPSS untuk menunjukkan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen secara langsung maupun tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif terhadap citra merek, citra merek berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan nasabah, dan citra merek dapat memediasi pengaruh inovasi produk terhadap tingkat kepuasan nasabah. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,597. Hal ini berarti bahwa 59,7% tingkat kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh inovasi produk yang dimediasi oleh citra merek. Sedangkan sisanya 40,3% dapat dipengaruhi variabel lain.yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian. Kata kunci: Inovasi Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Nasabah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain