PENGARUH DIVIDEND PER SHARE (DPS), DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) DAN RETENTION RATIO (RR) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016)
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Dividend Per Share, Dividend Payout Ratio dan Retention Ratio terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) tahun, yaitu tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 - 2016 dengan jumlah 574 perusahaan. Pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan total 249 data. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dividend Per Share berpengaruh positif terhadap harga saham ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,150 dan signifikansi sebesar 0,003. (2) Dividend Payout Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,344 dan signifikansi sebesar 0,000. (3) Retention Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,407 dan signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji kelayakan model menunjukkan variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap harga saham ditunjukkan dengan nilai F sebesar 67,483 dan signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,446 atau 44,6% menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel harga saham sebesar 44,6%, sedangkan sisanya 55,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini. Kata Kunci : Dividend Per Share, Dividend Payout Ratio, Retention Ratio, Harga Saham
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain