PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) , PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK
ABSTRAK : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh corporate social responsibility (csr), profitabilitas dan kepemilikan keluarga terhadap agresivitas pajak. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diproksikan dengan effectice tax rate (ETR). Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility(csr), profitabilitas dan kepemilikan keluarga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 sampai 2016 dengan jumlah 37 perusahaan. Pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 9 perusahaan dengan total 45 data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (csr) dan kepemilikan keluarga berpengaruh negative terhadap agresivitas pajak. Sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Kata kunci: corporate social responsibility (csr), profitabilitas, kepemilikan keluarga, agresivitas pajak.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain