PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN TIPE PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui bukti empiris pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan tipe perusahaan sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur. Populasi penelitian terdiri dari 144 perusahaan manufaktur yang melaporkan laporan keuangan secara rutin selama periode 2014-2016 di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan sampel penelitian terdiri dari 61 perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif secara signifikan pada pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan pada pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Tipe perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Kata kunci: pengungkapan CSR, ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan asing, tipe perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain