PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE, DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, financial leverage, dan reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah ukuran perusahaan, umur perusahaan, financial leverage, dan reputasi underwriter. Populasi adalah perusahaan yang melakukan go public tahun 2013-2016. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder, berupa laporan keuangan 2013-2016 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap underpricing saham, (2) umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing saham, (3) financial leverage tidak berpengaruh terhadap underpricing saham dan (4) reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap underpricing saham. Hasil penelitian ini diperoleh adjusted R square sebesar 0,188. Hal ini berarti sebesar 18,8% variabel underpricing saham dapat dijelaskan oleh variabel ukuran perusahaan, umur perusahaan, financial leverage, dan reputasi underwriter, sedangkan sisanya 81,2% dijelaskan oleh variabel lainnya. Kata kunci : Underpricing, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Financial Leverage, Dan Reputasi Underwriter
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain