Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Tentang International Financial Reporting Standar (IFRS) (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro dan Universitas Katolik Soegijapranata)
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa akuntansi tentang international financial reporting standar (IFRS) pada Universitas Diponegoro dan Universitas Katolik Soegijapranata. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah kesiapan belajar, sarana prasarana dan dosen. Populasi adalah mahasiswa akuntansi yang masih aktif di Universitas Diponegoro dan Universitas Katolik Soegijapranata. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian angket atau kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji t yang dilakukan hasil menunjukan bahwa variabel kesiapan belajar, sarana prasarana, dan dosen berpengaruh positif terhadap pemahaman mahasiswa akuntansi tentang international financial reporting standar (IFRS). Hasil penelitian ini diperoleh adjusted R square sebesar 0,629. Hal ini berarti sebesar 62,9% variabel pemahaman mahasiswa akuntansi tentang international financial reporting standar (IFRS)dapat dijelaskan oleh variabel kesiapan belajar, sarana prasarana dan dosen, sedangkan sisanya 37,1% dijelaskan oleh variabel lainnya. Kata kunci : International Financial ReportingStandar (IFRS), Kesiapan belajar, Sarana prasarana, Dosen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain